Samsung Galaxy Note 10 Series Bakal Disokong Oleh Chipset Exynos 9825

chipset-exnos9825
Tronikapedia - Selang beberapa waktu setelah Galaxy Note 10 series di Amerika Serikat, chipset baru secara resmi diperkenalkan. Tentu saja dengan kontribusi besar dalam memberikan daya perangkat di luar pasar AS.

Dengan keunggulan proses EUV 7nm, Chipset Exynos 9825 yang diproduksi oleh pihak Samsung. Keunggulan tersebut menguntungkan banyak transistor yang cocok didalam chip terbaru ini daripada jumlah yang digunakan pada generasi sebelumnya, 8nm Exynos 9820.

Samsung sendiri mengklaim pada peningkatan kinerja sebesar 20% sampai 30% Sementara Exynos 9825 mengkonsumsi lebih sedikit daya sebesar 30% hingga 50%.

Samsung Galaxy Note 10 Series Bakal Disokong Oleh Chipset Exynos 9825

EUV sendiri adalah Ultra-Ultraviolet Lithography. Teknologi ini menggunakan sinar ultraviolet untuk mengetsa silikon dengan lebih halus dan menempatkan sirkuit yang lebih tepat dalam chip.

Pihak Samsung mengklarifikasi bahwa Exynos 9825 hampir mirip dengan Exynos 9820, dengan dilengkapi dua CPU khusus dari Samsung. Dua CPU Cortes-A75 untuk tugas yang kompleks dan empat CPU Cortex-A55 untuk tuntutan daya yang lebih rendah / ringan.

GPU (Unit Proses Grafik) pada chip adalah ARM Mali-G76 MP12 (sama seperti Exynos 9820).

Perpaduan yang lebih cepat CPU A-75 dan GPU akan lebih unggul daripada Exynos 9820. Penggunaan 7nm EUV dan kecepatan clock yang lebih mumpuni sangat membantu Chip terbaru ini untuk bekerja lebih cepat dari pada generasi sebelumnya.


Chip ini juga memiliki Neural Processing Unit (NPU) memiliki kelebihan untuk menjalankan fitur kecerdasan buatan (AI) untuk kamera smartphone yang dapat memungkinkan objek mengoptimalkan foto. Hal tersebut juga membantu untuk mempelajari pola pengguna dan membantu aplikasi untuk memuat lebih optimal.

NPU juga dapat membantu kemampuan Augmented Reality pada handset

Exynos 9825 juga diperlengkapi dengan Universal Flash Storage (UFS) 3.0, yang memuat bandwidth dua kali dan menggunakan lebih minim energi daripada UFS 2.1. Hal tersebut juga bisa berjalan pada suhu yang lebih tinggi.

UFS 3.0 lebih unggul dengan kecepatan baca sekuensial kurang lebih 2.280 MB/detik dibandingkan dengan 800MB/detik menggunakan UFS 2.1. Lalu untuk modem pada Exynos 9825, dapat ditemukan di modem 4G LTE-Advanced Pro yang terintegrasi dengan 8 Carrier Aggregation (CA).

Untuk alat yang digunakan oleh penyedia nirkabel dalam meningkatkan kecepatan data. 8x CA menggabungkan operator guna membentuk saluran data yang lebih maksimal dalam meningkatkan kapasitas pada jaringan.

Lalu ketika dipasangkan pada modem Exynos 5100 5G Samsung (yang mendukung gelombang udara mmW dan sub-6GHz 5G), Exynos 9825 akan mendukung konektivitas nirkabel generasi selanjutnya.

Memory LPDDR4X

Exynos 9825 support dengan memori LPDDR4X dan kamera 22MP di bagian belakang dan depan. Hal itu juga akan bekerja dengan pengaturan dua kamera (16MP+16MP). Performa Video yang direkam dalam kualitas 8k berada pada titik 30fps dan ketika merekam video 4k UHD pada 150fps.

Teknologi terbaru yang dikenal dengan fungsi yang tidak dapat dikloning secara fisik (PUF), chip akan membantu mengisolasi dan mengamankan data pribadi milik pengguna.


Selama ini, Samsung biasanya menggunakan chipset Snapdragon terbaru milik Qualcomm untuk menopang Galaxy Note terbaru di AS, sementara chipset Exynos akan digunakan di seluruh perangkat negara lainnya.

Baik Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+ di AS akan dilengkapi dengan Platform Mobile Snapdragon 855+ yang telah diproduksi TSMC menggunakan proses 7nm.

Posting Komentar

0 Komentar