4 Fitur Inilah yang Membedakan Antara OS Harmony dengan Android

4-fitur-inilah-yang-membedakan-antara-os-harmony-dengan-android
Tronikapedia - Pada ajang Huawei Developer Conference yang diadakan baru saja. Huawei mengenalkan kepada publik mengenai Harmony, OS terbaru milik Huawei sendiri yang dirancang untuk memberikan pengalaman berbeda. Terutama bagi pengguna yang kohesif diseluruh perangkat dan segala kebutuhannya.

Bagi CEO Huawei, Richard Yu. Makin berkembangnya jaman, para konsumen atau orang - orang lebih mengedepankan sesuatu yang baru. Disebuah perangkat yang menyajikan seluruh kebutuhan yang ada, hal tersebut dikembangkan melalui OS atau Operation System (Sistem Operasi). Semuanya itu disampaikan oleh Richard Yu, didalam Consumer Business Group.

"Dalam mendukung hal tersebut, kami rasa sistem operasi smartphone harus mulai berimprovisasi. Kami membutuhkan OS yang mendukung seluruh kebutuhan, yang dapat digunakan diberbagai rentang perangkat dan platform. Juga dapat memenuhi kebutuhan permintaan konsumen yang laten dan tingkat sekuritas atau keamanan yang sangat tinggi." ucapnya.

Harmony sendiri berbeda dari Android dan iOS. Harmony adalah Sistem Operasi yang didistribusi berbasis mikrokernel yang diklaim dapat memberikan pengalaman yang sangat lancar. Tentunya di semua kemungkinan yang mungkin terjadi.

4-fitur-inilah-yang-membedakan-antara-os-harmony-dengan-android

"Anda dapat menginstall aplikasimu sekali saja di salah satu perangkat, kemudian lakukan pembaharuan aplikasi tersebut akan secara fleksibel dapat dilakukan di perangkat yang berbeda." jelasnya.

Harmony juga dirumorkan memiliki OS yang sangat ringan. Dapat digunakan untuk perangkat cerdas seperti smartwatch, sistem dalam kendaraan, dan pengeras suara. Tujuan hal ini adalah Huawei dapat mendirikan sebuah ekosistem diantara perangkat yang saling terintegrasi.

Inilah 4 Kelebihan Fitur yang Disediakan Oleh Harmony

1. Seamless : Sistem Operasi Perangkat Dengan Arsitektur Terdistribusi

Dengan menggunakan Harmony, pengembang aplikasi disebutkan tidak perlu berurusan lagi dengan teknologi yang mendasari aplikasi terdistribusi. Hal itu membuat mereka mampu tetap mengedepankan fokus terhadap logika servis individual yang ada.

Dalam bidang perkembangan aplikasi terdistribusi lebih mudah dibandingkan sebelumnya. Aplikasi yang dibangun didalam Harmony dapat dilakukan diperangkat yang berbeda namun bersamaan. Dengan penyampaian pengalaman yang sangat ringan dan kolaboratif di seluruh rancangan.

2. Smooth : Mesin Laten Deterministik dan Memiliki Performa Maksimal IPC

Didalam OS Harmony, memiliki Deterministic Latency Engine (DLC) dan Inter Process Communication (IPC) berkinerja tinggi. DLC sendiri akan memastikan prioritas mengenai batasan waktu dan pelaksanaan tugas untuk penjadwalan di awal. Hal itu akan berpengaruh terhadap latency (latensi) respon hingga mencapai 25,7%

Mikrokernel ini dapat membuat kinerja IPC hingga mencapai lima kali lebih efisien daripada sistem yang sebelumnya.

4-fitur-inilah-yang-membedakan-antara-os-harmony-dengan-android

3. Secure : Arsitektur Mikrokernel

Harmony mengaplikasikan desain mikrokernel baru yang diklaim dapat memiliki fitur keamanan yang sangat tinggi dengan latensi rendah. Mikrokernel dirancang menyederhanakan beberapa fungsi kernel.

Mengimplementasikan sebanyak mungkin layanan sistem didalam mode pengguna diluar kernel dan menambahkan perlidungan secara keseluruhan. Mikrokernel hanya menyediakan layanan mendasar seperti penjadwalan yang berurutan dan IPC.

Desain yang digunakan mikrokernel Harmony menggunakan metode verifikasi formal. Untuk membentuk kembali keamanan dan kepercayaan dari bawah ke atas di Trusterd Execution Environment (TEE). Metode verifikasi formal adalah sebuah pendekatan matematika yang sangat efektif untuk memvalidasi kebenaran sistem dari sumbernya. Sementara itu metode verifikasi tradisional, seperti verifikasi fungsional dan simulasi serangan, terbatas pada rancangan yang terbatas.

Harmony adalah OS pertama yang mengimplementasikan verifikasi formal didalam perangkat TEE. Tentu saja dalam meningkatkan tingkat keamanan. Disampung itu, karena miikrokernel Harmony OS memiliki kode yang jauh sedikit, kurang lebih sebesar seperseribu dibandingkan kernel Linux), memungkinkan serangan menjadi lebih kecil.

4. Unified : Integrated Development Environment (IDE)

Support IDE multi-perangkat, kompilasi muti-bahasa, dan perangkat arsitektur terdistribusi. Harmony dapat secara otomatis beradaptasi dengan berbagai kontrol dan interaksi tata letak layar yang berbeda. Mendukung kontrol "geser dan jatuhkan", serta didukung oleh pemrograman visual yang berorientasi pada peninjauan. Fitur inipun dikembangkan untuk pengembang lebih efisien membangun aplikasi yang berjalan di beberapa perangkat.

Dengan IDE multi-perangkat, pengembang sendiri dapat membuat kode aplikasi miliknya sendiri dan menyebarkannya diberbagai perangkat yang berbeda. Membuat ekosistem yang terintegrasi erat di seluruh perangkat pengguna.

Huawei Ark Compiler adalah kompiler statis pertama yang dapat bekerja setara dengan mesin virtual Android. Bisa memungkinkan pengembang untuk mengkompilasi berbagai bahasa tingkat lanjut kedalam kode mesin di satu lingkungan yang terpadu.


Posting Komentar

0 Komentar